Breaking News

Puluhan Mahasiswa UIN KHAS Jember Ikut Diklat KSR PMI

 

News.awasmedia.com – Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Islam Negeri  KH Ahmad Sidiq (UIN KHAS) Ikut pendidikan dasar Korps Sukarela (KSR) Pelang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan diklat KSR difokuskan pada pemenuhan jam pendidikan dalam rangkaian kegiatan Pendidikan Dasar KSR PMI Unit UIN KHAS Jember. 

Kegiatan pendidikan dasar ini dilaksanakan Sabtu - Minggu, 11 - 12 Juni 2022. Dengan materi yang di tempuh oleh peserta adalah SHEELTER, WASH, RFL, dan Manajemen Posko. Di mana untuk materi lainnya sudah peserta tempuh sebelumnya sejak tanggal 31 Maret 2022 lalu. Tempat pelaksanaan dilakukan di Kampus UIN KHAS Jember. 

Jumlah peserta sebanyak 27 mahasiswa yang berasal dari internal UIN KHAS Jember. “Kegiatan  ini  diselenggarakan oleh KSR PMI Unit UIN KHAS Jember dengan tujuan untuk memenuhi standart jam Pelatihan Dasar KSR sesuai dengan pedoman manajemen relawan PMI yaitu 120 jam,” kata Syafa'atul Habibah, ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember. 

Dia menjelaskan, kegiatan pendidikan dasar KSR ini di laksanakan sejak bulan  Maret 2022 sampai dengan tanggal 12 Juni 2022. “Kegiatan tersebut bertujuan agar calon sukarelawan PMI mendapatkan bekal dasar yang cukup ketika akan ditugaskan,” imbuhnya. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menjelaskan, kegiatan pendidikan dasar KSR PMI merupakan salah satu program penyiapakan relawan PMI. “Pendidikan dasar KSR merupakan langkah regenerasi relawan dari KSR dari kampus. Kegiatan ini rutin digelar KSR untuk regenerasi” tutur H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Dia menjelaskan, KSR di kampus-kampus menjadi salah satu tulang punggung relawan PMI di Indonesia, termasuk di PMI kabupaten Jember. “KSR dari kampus yang berstatus mahasiswa adalah relawan yang setiap saat bisa digerakkan, mereka selama ini menjadi salah satu SDM relawan utama, selaian KSR markas PMI,” ungkapnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Weraku